Menanam Buah dan Sayuran di Pasir – Cerita dari Au Lac (Vietnam)

Tanah  berpasir biasanya tidak cocok untuk menanam buah-buahan dan sayur-sayuran.  Tetapi di beberapa daerah Au Lac ( Vietnam ), budidaya biji-bijian di atas pasir telah membuktikannya dan merupakan cara yang efektif dalam menyediakan sumber makanan yang berkelanjutan.

Halo, pemirsa yang baik, pada edisi Planet Bumi: Rumah Tercinta Kita, kita berbicara dengan grup petani Aulac (Vietnam ) dari Provinsi Binh Thuan, di pantai Tengah Au Lac (Vietnam) mengenai cara menanam di tanah berpasir.

Dengan menggunakan teknik menanam yang sederhana, para petani yang rajin ini telah sukses membudidayakan berbagai macam sayur-sayuran dan buah-buahan di pasir, termasuk bawang, lobak putih, kacang, pisang, kelapa, mangga, dan sebagainya.

Sekarang kita menuju Provinsi Binh Thuan di Tengah Au Lac (Vietnam ) untuk mempelajari lebih banyak tentang metode pertanian unik ini.

Kita mulai dengan Ibu Nguyễn Thi Minh Son, seorang petani lokal tentang apa saja yang dapat ditanam di tanah berpasir.

T: Kualitasnya lebih baik, lebih tinggi kualitasnya. Di sekitar sini, kebanyakan orang menanam bawang, jenis tanaman yang lain lebih sedikit. Meskipun demikian, setelah musim tanam bawang telah lewat, mereka menanam lainnya untuk memperbaiki tanah. Sebagai contoh kacang, melon, atau tomat.

T: Dapatkah Anda memberitahu saya mengapa Anda memilih untuk menanam sayuran di pasir?

J: Dulunya, saya tidak bertani di sini, tetapi suatu waktu saya menanam sayuran untuk dijual hanya pada Tahun Baru, lalu saya mendapatkan hasilnya lumayan, jadi saya terus melakukannya. Melihat orang lain dapat mengolah dengan baik, saya kemudian mengikuti mereka dan hasilnya cukup bagus.

PEMBAWA ACARA: Tuan Le Cong Lai sedang mengolah sepetak tanah dengan tanah berpasir.

T: Apakah Anda berpendapat bahwa hasil dari tanaman di pasir kualitasnya setinggi yang ditanam di tanah?

J: Ya, cukup tinggi.

T: Berapa luas wilayah yang Anda tanami sekarang?

J: Wilayah di sini sekitar 8.000 meter persegi.

T: Apa yang biasa Anda  tanam di tanah ini ?

J: Kebanyakan kacang, kemudian lobak putih, lalu bawang. Musim bawang di bulan Juni.

T: Berapa kali musim panen yang Anda lakukan setiap tahun?

J: Dalam satu tahun,  jika kami menanam lobak putih, itu sekitar empat atau lima kali panen.

T: Apakah Anda merasa bahwa lobak putih yang tumbuh di pasir kualitasnya lebih baik dibandingkan yang tumbuh di tanah biasa?

J: Jika dibandingkan dengan tanah biasa, lobak putih di sini lebih putih, lebih panjang, dan kelihatannya lebih baik; sedangkan lobak yang di tanah biasa lebih pendek, tidak begitu putih, dan sedikit coklat hitam.

PEMBAWA ACARA:  Selama beberapa tahun berlatih, para petani Aulac di Provinsi Binh Thuan telah mengembangkan teknik budidaya yang efektif untuk digunakan dalam pasir.

J: Jumlah pupuknya menengah, kami tidak boleh memberi pupuk terlalu banyak. Kami memakai pupuk sedikit, karena jika kami memakai pupuk yang terlalu banyak, tanaman itu tidak akan hidup. Tanaman-tanaman akan mati, mereka tak bisa bertahan.

T: Apakah Anda menggunakan banyak air ketika bercocok tanam di lahan penuh pasir seperti itu?

J: Secara garis besar, kami memang memerlukan air. Kami memiliki sedikit air di sini. Tingkat kelembaban di sini sangat rendah.

T: Apabila kita menanam banyak jenis sayuran di pasir seperti ini, apakah kita memerlukan lebih banyak air untuk irigasi dibandingkan dengan bercocok tanam di tanah biasa?

J: Kami hanya menyiram pada waktu ia kering; (ya) kami menyiram secara bebas. Tapi pada musim hujan, kami tidak perlu menyiram terlalu banyak, dan itu menghemat listrik. (Ya.)

PEMBAWA ACARA: Petani-petani seperti Bpk. Đỗ Văn Đền juga sudah memakai jalan lain untuk menjaga agar pasir tetap lembab pada tingkat yang sesuai.

T: Pada musim hujan, saya meninggikan pasir untuk bercocok tanam, setinggi itu, kemudian membiarkan air mengalir melalui saluran itu.

Tetapi pada musim kemarau, saya membuatnya datar, bercocok tanam di bagian yang lebih rendah. Tapi pada bulan-bulan hujan, kami harus meninggikannya, jika tidak mereka (tanaman-tanaman) akan terendam di dalam air.

Bulan ini saya mulai merendahkan (tanah itu) secara perlahan-lahan, menurunkannya agar kami bisa mengairinya dengan mudah, (ya) untuk menghemat listrik. Begitu mudah, sangat mudah. (Ya.)

Dan apabila kami ingin menanam tomat, maka kami harus menabur benih-benih ITU sampai mereka tumbuh menjadi tanaman kecil, lalu kami menanamnya di luar.

T: Apakah lobak putih juga sama?

T: Lobak putih sama seperti tomat atau apapun. Tapi kacang tanah ini, saya membeli tanaman-tanaman kecil; mereka bukan tumbuh dari benih.

PEMBAWA ACARA: Di samping kekurangan air, bercocok tanam di tanah penuh pasir juga ada keprihatinan terhadap pengaruh angin. Bagaimana petani-petani mengatasi masalah ini?

Teknik bercocok tanam yang unik ini sangat sederhana dan bisa dipraktikkan oleh siapapun. Pertanian berbasiskan pasir juga membantu menjaga ketahanan pangan di daerah-daerah yang kekurangan tanah yang kaya, subur.

Pengaruh-pengaruh angin pada tanah berpasir merupakan sesuatu yang harus diatasi oleh para petani.

T: Saya dengar bahwa bersama pasir ini, ada suatu fenomena semacam debu dari angin. Biasanya, ada angin melewati pasir, dan itu membuat pasir beterbangan. Apakah fenomena ini mempengaruhi tanaman Anda?

J: Ya itu berpengaruh, kadang angin kencang dapat membuat pasir beterbangan hingga menutupi tanaman-tanaman.

T: Jadi bagaimana kalian mengatasi masalah ini?

J: Hanya tanah yang sedikit lebih tinggi dan tanpa perlindungan yang terpengaruh. Kadang mereka menggunakan tanaman teh dan menanamnya secara berbaris, atau kadang mereka menanam rumput seperti ini agar ia sedikit menghalangi angin itu.

PEMBAWA ACARA: Para petani juga memanfaatkan daun kelapa yang bisa ditemukan dengan berlimpah di daerah mereka untuk melindungi tanaman-tanamannya dari pengaruh buruk angin.

J: Mereka membangun tembok; mereka memakai daun-daun kelapa. Lihat! Mereka membuat pagar seperti itu. Mereka membangun itu dengan daun-daun kelapa –seperti sebelah itu, ia harus ditutupi.

T: Pasir sering beterbangan dan lolos. Jadi bagaimana kita bisa menjaga agar pasir kokoh, agar pohon-pohon bisa menancapkan akarnya ke dalam pasir untuk tumbuh?

J: Kami menanam pohon berdekatan seperti ini agar mereka tidak bisa beterbangan.

PEMBAWA ACARA: Nn. Nguyễn Thị Minh Sơn mengatakan bahwa tanaman-tanaman yang tumbuh di pasir diterima dengan baik di pasar-pasar dan populer karena kualitasnya yang sangat tinggi.

T: Jadi bagaimana hasilnya ketika kita panen?

J: Kualitasnya lebih bagus. Semuanya lebih lezat waktu dimakan! Kami merasa ini lebih lezat. Sama seperti bawang dan tomat dan semuanya, (misalnya) buah. Secara umum makanan di sini lebih lezat.

PEMBAWA ACARA:
Memelihara kacang di tanah penuh pasir memiliki banyak manfaat.

T: Jika dibandingkan antara kacang yang kalian tanam di sini dengan kacang yang ditanam di tanah biasa, apakah mereka berbeda jauh?

J: Mereka berbeda, karena di tanah biasa, mereka harus menggalinya dan membongkar sampai ke akarnya untuk mengambil kacang, tapi di sini kami hanya mencabutnya saja.

T: Jadi lebih mudah bercocok tanam di pasir, betul?

J: Lebih mudah daripada di tanah.

PEMBAWA ACARA: Para petani Aulac yang pintar dan rajin ini telah memperoleh hasil yang besar dari hasil pengolahan lahan.

T: Di daerah pertanian Anda, dalam setengah hektar Anda dapat menanam pisang, kelapa, mangga, dan pohon buah lainnya. Apakah itu cukup membiayai seluruh pengeluaran bagi kehidupan normal seorang petani?

J: Ya, cukup, mudah.

T: Apakah penghasilannya cukup untuk menyokong seluruh keluarga?

J: Cukup untuk semuanya.

J: Di sini, saya hanya mengolah sekitar 2 persen dari lahan, tetapi petani lainnya melakukan 100%. Mereka mencapai 100% karena mereka memiliki banyak anak. Mereka bisa melakukan banyak pekerjaan sehingga mereka bisa memperoleh sekitar 50, 70 juta VND (NFT: USD 2.850 hingga USD 4.000)

T: Jadi jika kita dapat bertani di lahan berpasir seperti itu, kita dapat menghilangkan kelaparan dan mengurangi kesulitan keuangan bagi keluarga yang tinggal di lahan berpasir seperti ini, bisakah?

J: Ya, Itu benar.

PEMBAWA ACARA: Keberhasilan panen oleh para petani Aulac membuktikan bahwa manusia dapat menggunakan apa yang dianggap sebagai “tanah tidak produktif” untuk menghasilkan sayur-sayuran dan buah-buahan bermutu tinggi, serta membantu mencapai swasembada pangan.

T: Tn. Le Cong Lai dapat menanam kacang di pasir putih ini dengan hasil yang terbaik. Ini adalah tanaman kacang yang ditanam dan dipanen oleh Tn. Le Cong Lai.

Apakah kebanyakan keluarga di sekitar sini yang menerapkan metode ini juga memperoleh hasil yang baik?

J: Ya, metode ini sangat terkenal di sini. Banyak orang yang melakukannya, bukan hanya di sini, dan mereka juga memperoleh hasil yang baik.

T: Jadi di daerah berpasir dan berangin seperti ini, kita masih dapat hidup. Dan kita dapat menanam pohon buah atau sayur-sayuran, dan menambah penghasilan atau laba, benarkah?

J: Ya.

T: Bagaimanapun berpasirnya suatu tempat, kita masih tetap dapat bercocok tanam?

J: Ya, kita masih bisa bercocok tanam.

PEMBAWA ACARA:  Penghargaan kami diberikan kepada para petani dari Provinsi Binh Thuan yang telah kami temui untuk berbagi pengalaman mereka dalam menanam sayur bernutrisi dan segar seperti sawi dan buah-buahan seperti mangga di tanah berpasir di sekitar daerah mereka.

Banyak dari para petani yang bekerja keras ini mengilhami mereka yang memiliki kondisi tanah yang sama di daerah mereka di seluruh dunia untuk mengembangkan juga variasi tanaman yang hidup.

Pertanian Organik 1,2,3

Pertanian organik: sederhana, sehat….. dapat menyelamatkan Bumi? Kebetulan, karena dunia kita mengalami krisis pemanasan global, semakin banyak orang yang sadar akan manfaat dari pertanian organik.

Begitu pedulinya akan kesejahteraan Bumi dan seluruh penghuninya, Maha Guru Ching Hai selalu meminta dunia untuk menerapkan praktik pertanian organik.

Konferensi video dengan Maha Guru Ching Hai dan Fidel Ramos, Mantan Presiden Filipina

Bertindaklah Sekarang! – Demi Dunia yang Lebih Damai dan Aman, Taipei, Formosa (Taiwan) 21 Februari 2009

Maha Guru Ching Hai: Manfaat dari pertanian organik besar sekali, termasuk manfaat besar baik terhadap kesehatan manusia dan lingkungan. Pertanian organik sebenarnya memulihkan lapisan tanah atas dan bahkan membersihkan udara dan persediaan air. Pertanian organik bahkan baik untuk satwa, seluruh makhluk di atas planet ini, termasuk pohon-pohon dan tanah, sebagian karena pertanian organik tidak menggunakan pupuk kimia dan pestisida.

Sekarang, kajian ilmiah mengungkapkan bahwa pertanian organik bukan hanya mengurangi pemakaian energi dan menghasilkan sedikit CO2 yang membantu menurunkan gas rumah kaca, tetapi pertanian organik membuat tanah menyerap hingga 40% emisi CO2 yang ada di udara. Bahkan sebelum kita menemukan teknologi apapun untuk mengurangi CO2, atau bahkan sebelum kita mengurangi semua kendaraan dan transportasi, jika kita melakukan organik kita dapat mengurangi 40% dari CO2 yang sekarang berada di udara, dan emisi setiap harinya.

 Pemirsa yang budiman, pada acara hari ini Planet Bumi: Rumah Tercinta Kita, kita ditemani oleh salah satu anggota Asosiasi kita yang merupakan petani organik dari Afrika Selatan. Tuan John Lefferts begitu ramah membimbing kita melalui berbagai dasar pertanian organik, jadi marilah kita ke sana melihatnya!
 


John Lefferts Petani Organik Anggota Asosiasi Kami dari Afrika Selatan

Lefferts (L):
Saya berasal dari Cape Barat, Plettenberg Bay, suatu tempat yang dinamakan Wittedrif. Kami telah berada di sini selama dua tahun. Dan kami harus mengatasi sebuah lahan pertanian yang sebelumnya digunakan sebagai ladang penggembalaan. Dan kami menemukan bahwa tanah tersebut kurang baik. Dan bagi kami yang paling utama adalah mencoba dan meletakkan kembali kompos humus di tanah jerami.

Humus adalah bahan organik yang membusuk yang membantu tanaman untuk tumbuh. Jerami adalah suatu penutup pelindung yang diletakkan di atas tanah untuk mengurangi penguapan air, untuk mencegah pertumbuhan rumput liar, untuk menjaga suhu tanah agar stabil, dan untuk menaikkan kesuburan tanah secara keseluruhan.

Lefferts: Tanah yang ada di sini sangat lempung, sehingga perlu udara. Karena setelah terkena hujan tanah menjadi padat, jadi satu-satunya cara untuk memberi udara ke tanah tersebut adalah dengan meletakkan humus yang luar biasa ini. Pada akhirnya humus itu menghidupkan seluruh populasi cacing karena mereka bernafas di dalam tanah. Semua mikroorganisme dapat hidup. Dan pada dasarnya itulah rahasia untuk benar-benar menanam hasil yang baik dengan lahan yang benar-benar sehat yang memiliki aliran udara yang baik, pembuangan yang baik.

Pengaturan tanah secara membumbung memiliki banyak manfaat. 

Lefferts (L): Tahap kedua harus membuat bubungan di atas tanah ini. Kemudian kita mengisinya dengan jerami untuk penyaluran yang lebih baik, karena tanah di sini lebih padat. Ia padat karena itu adalah tanah liat. Untuk memberikan penyaluran yang lebih baik bagi tanaman, apa yang kita lakukan adalah membuat bubungan di atas dan kemudian meletakkan jerami di dalamnya. Itu akan bercampur dan tanaman akan tumbuh di atasnya. Dan tanah akan lebih sehat, produksinya lebih baik.

Dan jika Anda melihat ke belakang saya, Anda akan tahu bahwa bubungan dengan sendirinya akan menciptakan pengeringan dimana tanaman sangat memerlukannya. Sebagai tambahan kita juga menutup atasnya dengan jerami. Dan sungguh-sungguh menghemat air. Itu memungkinkan kita untuk menyemprot air dua atau tiga kali dalam satu minggu daripada menyemprotkannya setiap hari.

Lefferts (L): Ini adalah satu ikat rumput kering indah yang sedang saya bicarakan. Dan apa yang kita lakukan adalah kita mengambil rumput kering ini serta menyebarkannya supaya tidak terlalu padat. Kita menyebarkan itu di atas bubungan, seperti yang Anda lihat, di terung, untuk memelihara kelembaban.

Lefferts (L): Jadi sekarang, seperti yang disebutkan, kita meletakkan satu lapis jerami di dalamnya untuk menjaga kelembaban. Dan jika Anda lihat, ini sangat indah, basah, dan mudah digali dengan ujung jari Anda. Itulah cara tanah itu disiapkan. Lalu Anda meletakkan jerami atau rumput kering di sekitar dasar tanaman untuk menyimpan air.

Penanaman strawberi adalah salah satu contoh baik dimana penggunaan rumput kering sangat menguntungkan.

Lefferts (L): Buah strawberi kita telah selesai, tetapi hal ini adalah satu fakta menarik tentang strawberi. Mereka disebut strawberi karena ketika tanaman itu keluar bunga kecil lalu itu akan menjadi buah beri. Jika Anda tidak meletakkan jerami maka buah beri akan jatuh ke tanah. Lalu serangga, cacing, dan lainnya akan memakan itu dari bawah. Tetapi jika Anda menempatkan satu wadah dari jerami, strawberi di atasnya akan masak dengan indahnya tanpa ada serangga yang memakan strawberinya, jadi itulah mengapa disebut strawberi.

Lefferts (L): Penyemprotan yang kita lakukan bukan termasuk obat pembasmi serangga atau pestisida atau herbisida apapun. Kita menggunakan satu sistem yang disebut pendamping penanaman. Pendamping penanaman memungkinkan kita untuk mengombinasi tanaman dengan bantuan serangga.

Karena kita memberi sesuatu untuk menarik mereka, juga bau semak duri yang tajam dari tanaman marigold atau tanaman bawang yang kuat dapat membuat serangga menjauh dari hasil produksi kita.

Contoh dari pendamping penanaman: bawang musim semi dengan starwberi, tanaman berbunga putih dengan kacang, jelatang menyengat di antara bayam Anda, semak duri dan marigold di semua bayam Anda, dan tulbaghia yang merupakan satu tanaman bawang putih liar yang Anda tanam di sekitar tanaman sayur-sayuran Anda. Banyak serangga tidak suka bau menusuk bunga tulbaghia.

Sesuatu seperti semak duri dan marigold juga ditanam secara umum di sepanjang jalan di sekitar sayuran Anda. Kita juga menggunakan jeruk verbena untuk diletakkan satu di masing-masing sudut, karena itu mempunyai bau yang tajam. Hal lain seperti bunga lavender digunakan secara ekstensif untuk mengurangi banyak serangga.

Pertanian organik yang benar biasanya sangat sedikit atau tidak ada serangga yang makan hasil panen.

Lefferts (L): Apa yang saya perhatikan dari pupuk ini adalah kesehatannya dan tidak ada serangga. Jika tanaman lemah, ia secara alami akan menarik perhatian serangga. Jadi ingat bahwa rahasianya adalah tanah yang sangat baik dan waktu Anda menanam. Air yang baik, persiapan tanah, jerami yang disebarkan di atas tanah, jerami yang menjaga penahanan air, semua unsur-unsur ini membuat tanaman yang sangat sehat, dan tanaman yang sehat membuat sedikit serangga yang tertarik.

Lefferts (L): Hal lain yang tidak lagi penting adalah jenis jerami yang Anda gunakan. Sebagai contoh, kentang, tomat, dan strawberi menyukai rumput asam. Rumput ini dibuat dari tanaman pinus jarum. Sedangkan banyak tanaman lain yang bersifat basa seperti sayur-mayur, bayam, selada, mereka seperti rumput yang bersifat basa. Dan itu mengagumkan, rasa tomat yang beda seluruhnya ketika Anda menggunakan rumput yang bersifat asam.

Kunci elemen lain dari pertanian organik adalah memilih waktu yang tepat untuk menanam.

Lefferts (L): Sangat penting untuk mengikuti sistem penanaman Anda sesuai dengan bulan dan rasi bintang. Bulan mengontrol air laut pasang dan gravitasi. Jadi pada saat bulan penuh atau bulan purnama, air muncul sampai maksimum.

Demikian juga ketika potongan pertama, itu dilakukan saat bulan mulai menarik, ketika Anda akan menanam semua tanaman sayuran Anda. Dan ketika bulan itu mendorong, maka tanaman sayur-mayur Anda berakar. Alasan untuk itu adalah akar sayuran mengikuti air atau tanaman rindang untuk mendapatkan air.

Makanan organik benar-benar memberi kehormatan ketika menanam dan memakannya!

Lefferts (L): Ketika Anda mengambil tanaman secara langsung, dalam 6 jam gulanya telah berubah dan ini tidak lagi manis serta garing, tetapi sedikit pahit karena komposisi gula secara keseluruhan dari tanaman itu telah berubah. Oleh karena itu sangat penting jika semua orang menanam sendiri tanaman organik vegetarian. Memetik satu ikat asparagus keluar dari kebun milik Anda sendiri atau satu tomat atau kentang keluar dari tanah, itu tidak dapat dibandingkan dengan sayuran yang telah diangkut lama dalam perjalanan. Itulah mengapa sangat penting untuk mencoba serta menanam produksi Anda sendiri. "Mmmm, mmm, mm" Semoga Anda bisa mencicipinya!

Itu pasti membuat wajah segar dan penuh dengan rasa!

Lefferts (L): Akhirnya, perbedaan dari memetik satu asparagus atau memetik yang segar dari kebun Anda benar-benar nyata karena mereka begitu sehat. Tidak ada pengganti untuk sayur-sayuran yang sehat. Kami telah mencatat bahwa anak-anak dan keluarga kami sangat beruntung dapat makan sayur-sayuran organik kita sendiri, sangat luar biasa karena anak-anak kami tidak pernah memerlukan dokter dan antibiotik, mereka juga tidak pernah sakit. Cobalah itu.

Pertanian John Leffert diperkaya dengan panen yang bahagia. Seseorang bisa mulai mengembangkan hasil organik, tidak peduli walaupun ruang yang tersedia kecil  untuk penanaman.

Lefferts (L): Sangat menyenangkan dapat menghabiskan sedikit waktu bersama Anda sambil berbincang-bincang mengenai pertanian organik. Tetapi Anda tidak harus memiliki perkebunan organik untuk menanam secara organik, Anda dapat menanam tomat dalam pot di atas balkon, Anda dapat menanam tomat dalam pot. Anda dapat menggunakan rak pot dimana Anda dapat menanam semua tanaman rempah-rempah. Anda dapat menanam selada. Cobalah sesuatu. Sebagai pengalaman. Jelasnya ingatlah bahwa tanaman harus mendapat sedikit sinar matahari karena sinar matahari membantu terjadinya fotosintesa.

Tetapi Anda tidak perlu memiliki sebuah kebun. Anda hanya memerlukan keinginan untuk menanam sayuran sendiri tanpa insektisida, herbisida, pertisida, dan pupuk kimia. Semua hal yang Anda butuhkan adalah bahan alami, jadikan sebuah pesta, cobalah. Ini sehat. Jadilah Vegetarian, Bertindaklah Hijau. Terima kasih.

Terima kasih John Lefferts atas semua tips bermanfaat untuk menanam buah-buahan dan sayuran organik. Bukan saja hal ini menyenangkan dan sederhana, tetapi hal ini merupakan cara terbaik untuk menghasilkan makanan demi kesehatan Bumi kita!

Tidak Memerlukan Air! Pertanian Kering di Âu Lạc (Vietnam)
Sekitar 35 persen dari total permukaan tanah Dunia berupa daerah gersang dan setengah gersang.

Dampak dari perubahan iklim pada planet kita sayangnya memperluas daerah yang  gersang dimana semakin banyak daerah baru di seluruh dunia yang akhir-akhir ini menjadi terpanggang ketika air hujan lebih banyak digunakan untuk keperluan sehari-hari

Halo, pemirsa yang peduli lingkungan, selamat datang pada Planet Bumi: Rumah Tercinta Kita. Pada acara hari ini, kami akan memperkenalkan beberapa tanaman yang memerlukan sedikit hingga tanpa air sedikitpun untuk tumbuh. Pertanian dengan cara ini disebut
pertanian kering.Kami senang membawa Anda ke Provinsi B́nh Thuận, di Âu Lạc Tengah (Vietnam) untuk melihat bagaimana para petani Âu Lạc (Vietnam) menanam jenis tanaman yang tahan kering ini di lingkungan yang kurang air.

Âu Lạc (Vietnam) merupakan sebuah negara tropis. Hanya ada dua musim per tahun, musim kering dan musim penghujan. Musim kering berlangsung dari bulan November sampai Mei.

Selama bulan-bulan ini, sangat jarang ada hujan. Periode waktu ini tidak cocok untuk melakukan pertanian tradisional. Bagaimanapun, setelah praktik bertahun-tahun, masyarakat Âu Lạc (Vietnam) yang bijak telah menemukan sayuran dan rempah yang cocok dan teknik bertani yang tepat yang menghasilkan panen berlimpah walaupun tidak ada air yang tersedia.

Petani sukses di Provinsi B́nh Thuận menunjukkan bahwa hal ini mungkin untuk menghasilkan panen berlimpah, pertanian berkelanjutan pada banyak daerah di seluruh dunia yang menghadapi kekurangan air.

Mari kita temui beberapa dari petani terampil ini.

Tiến(L): Pada musim kering ini, kami menanam kacang polong hijau, kacang tanah, dan kacang krem, karena mereka tahan kering. Mengenai jangka waktunya, kacang tanah sekitar 100-115 hari, kacang krem dan kacang polong hijau sekitar 60-65 hari untuk siap dipanen. Jadi, di mana pun terjadi kekurangan air, kita dapat tetap menanamnya.

SupremeMasterTV: Apakah Anda mengairinya ketika menanam kacang-kacang ini?

Diễm: Tidak.

SupremeMasterTV: Anda tidak mengairinya sama sekali? (Tidak, tidak sama sekali.) Apakah banyak warga lokal yang menanam jenis kacang-kacangan ini?

Diễm: Sangat banyak, dari sini sampai di sana, sangat banyak! Setiap keluarga memiliki lahan 5.000, 2.000, 3.000 meter persegi... keluarga saya menggunakan sekitar 4.000 meter persegi untuk menanam kacang-kacangan ini.

SupremeMasterTV: Tanaman apa yang saat ini Anda tanam?

Bằng (L): Saya menanam wijen hitam.

SupremeMasterTV: Untuk wijen hitam ini, apakah Anda memerlukan air?

Bằng (L): Untuk wijen hitam ini, saya tidak memerlukan air. Jika kita sirami, tanamannya menjadi mati. Tanaman ini tidak menyukai air.

PEMBAWA ACARA (Dalam bahasa Inggris): Biaya menanam jenis tanaman tahan kering ini sangat kecil dan caranya juga cukup mudah.

SupremeMasterTV: Tolong beritahu kami apa yang Anda tanam.

Yến (P): Saya menanam kentang manis.

SupremeMasterTV: Ketika menanamnya, apakah Anda mengairinya?

Yến (P): Tidak, tidak sama sekali, pengairan memerlukan banyak pekerjaan! Tidak menggunakan pupuk sama sekali. Hanya tanam dan makan, Anda tidak memerlukan pupuk maupun pengairan.

SupremeMasterTV: Bagaimana dengan pembasmi hama?

Yến (P): Tidak. Tanpa pupuk, tanpa pembasmi hama.

Thái (L): Sangat sederhana! Anda hanya mencangkul tanah dengan cangkul ini untuk menggemburkan tanahnya, kemudian kita tanam akar kentang manisnya, kemudian tutup lagi dengan 15 sampai 20 sentimeter tanah seperti biasanya. Kemudian, tanaman akan tumbuh dan menjalar seperti ini, tidak perlu pengairan. Karena di sini dataran tinggi! Karena di dataran tinggi, air sangat langka! Di mana mencari air? Tetapi menanam kentang manis sangatlah sederhana! Setelah enam, tujuh, delapan bulan, kita dapat menggalinya untuk dimakan. Dan kentang manis memiliki banyak zat tepung dan sangat bernutrisi bagi kesehatan.

SupremeMasterTV: Dapatkah Anda menjelaskan secara detil bagaimana Anda menanam wijen, dari membajak sampai memanennya?

Lập (L): Wijen, secara umum sangat gampang tumbuh, karena sifatnya yang tahan kering. Hanya memerlukan biaya untuk memanennya. Setelah itu, kita menaburnya di atas tanah, dan menutupinya dengan tanah. Kemudian mereka akan tumbuh dengan sendirinya.

SupremeMasterTV: Apa manfaat menanam wijen tanpa menyiraminya?

Lập (L): Karena wijen tahan kering, kami menghemat banyak uang! Kami menghemat irigasi, menghemat tenaga kerja, banyak hal. Sebagai contoh, jika kita memelihara tanaman misalnya padi, semangka atau jagung, atau yang lainnya, maka investasinya sekitar 15 sampai 17 juta VND (US$845 sampai US$958). Tetapi dengan wijen, investasi untuk 1 hektar lahan maksimum sekitar 4,5 sampai 5 juta VND (US$263 sampai US$292).

SupremeMasterTV: Tolong beritahu kami, bagaimana Anda menanam kacang ini?

Hoa (P): Pertama bajak lahannya untuk menggemburkan tanah, kemudian kita membuat lubang dan tanam kacangnya.

SupremeMasterTV: Kemudian setelah dua setengah bulan kita panen?

Hoa (P): Ya, setelah dua setengah bulan, kita panen. Tidak perlu mengairi.

SupremeMasterTV: Bagaimana teknik Anda untuk menjaga kelembaban tanah?

Hoa (P): Kami hanya menabur benih kacangnya, kemudian mereka tumbuh, daunnya membentang keluar dan menjaga kelembaban tanah.

SupremeMasterTV: Apakah Anda menggunakan pupuk pada tanah ini saat penanaman?

Hoa (P): Tidak pakai pupuk, kami tidak memakai pupuk untuk menanam polong-polongan.

Ḥa (L): Tidak perlu pemupukan, tutup saja dengan tanah, lalu polong-polongan akan tumbuh sendiri. Tidak perlu air hujan atau irigasi.

SupremeMasterTV: Jadi dengan menanam jenis tanaman ini, kita mendapatkan panen yang baik dengan sedikit kerja, benar.

Bac (L): Ya. Sedikit kerja! Pekerjaan satu-satunya adalah memanennya, karena setelah kita menyemai benih, kami membersihkan rumput liar sekali, lalu dibiarkan hingga panen.

PEMBAWA ACARA (dalam bahasa Inggris): Setiap tahun, petani Aulac (Vietnam) tidak hanya memanen pangan bergizi dalam jumlah besar dengan sistem penanaman kering, tetapi sistem tanpa air mereka juga sangat menguntungkan bagi lingkungan karena tidak memakai pupuk atau bahan kimia.

Musim kering di Au Lac (Vietnam) berlangsung kurang lebih enam bulan. Selama musim ini berlangsung, sulit bagi petani lokal untuk menanam sayur yang biasanya ditanam pada setengah tahun lainnya karena cuaca yang sangat panas dan kekurangan air.

SupremeMasterTV: Tanaman polong-polongan jenis apa yang Anda tanam?

Hiền (P):Polong-polongan mutu tinggi, disebut juga dengan polong krim, polong hijau, kacang merah, dan kacang hitam. Tetapi yang paling cocok pada hasil tinggi ini adalah polong krim.

SupremeMasterTV: Untuk tanaman polong-polongan, berapa lama kita bisa panen?

Hiền (P):Sekitar 60 hari.

SupremeMasterTV: Bagaimana dengan hasil panennya?

Hiền (P): Jika berhasil, 1000 meter persegi bisa menghasilkan sekitar 100 kilogram atau lebih.

Ḥa (L): Untuk polong hijau, pada hari ke-50 mulai berbunga, dan sekitar 65 hari polong-polongan itu sudah matang. Begitu matang, jika Anda ingin, Anda bisa panen yang sudah matang, di sana sini.

Tetapi jika Anda mau, bisa saja dibiarkan di sana hingga semuanya matang, baru dipanen sekaligus.

Sangat menguntungkan, lebih menguntungkan daripada padi. Karena padi, untuk setiap 1000 meter persegi, setelah dikurangi semua biaya, paling banyak kita bisa mendapatkan 300.000 VND hingga 500.000 VND (US$16 hingga US$28), tidak lebih.

Tetapi dengan polong hijau, kita menanam di lahan 2000 meter persegi di sana, tetapi hanya 1.600 meter persegi yang berhasil, jadi kita memanen 200 kilogram, 400 kilogram.

Kita memanen 200 kilogram, 400 kilogram, dikurangi semua biaya, dan kita masih untung 1 juta VND (US$56) per 1000 meter persegi.

Tiến (L): Dengan menanam kacang tanah 1000 meter persegi, kita bisa menghasilkan sekitar 3 juta VND (US$168) tanpa investasi apa-apa.

PEMBAWA ACARA: Keuntungan lain dari sistem tanam kering adalah dapat memperbaiki kualitas tanah dengan pesat. 

SupremeMasterTV: Apa yang akan Anda tanam berikutnya setelah panen wijen?

Lập (L): Setelah panen wijen, kami tanam padi. Setelah panen padi, kami kembali tanam wijen.

SupremeMasterTV: Jadi ketika Anda tanam wijen di antara dua musim padi, apakah bisa mengurangi kualitas tanah?

Lập (L): Tidak. Menanam wijen pada jenis tanah seperti lapangan, berbukit, atau hutan, atau apapun, selalu baik untuk tanah, sama halnya seperti tumbuhan polong karena daunnya jatuh, membuat tanah menjadi sangat gembur.

Tidak seperti jagung atau padi. Jika kita banyak menanam jenis ini, kita harus menambah lebih banyak pupuk. Tetapi daun tumbuhan wijen membuat tanah jadi gembur, sama seperti daun tumbuhan polong.

SupremeMasterTV: Apakah menanam kacang krim menurunkan kualitas tanah?

Tư: Tidak! Menanam kacang krim ini akan menjaga tanah ini tetap baik, karena setelah panen, kita membajaknya, ia membusuk dan menambah nutrisi pada tanah.

SupremeMasterTV: Maksud Anda ia menjadi pupuk alami untuk menanam padi nanti?

Tư: Ya.

Ḥa (L): Jika Anda melakukan tiga kali tanam padi secara terus menerus, tanah akan rusak. Tetapi di sini kita tanam tumbuhan polong di antaranya. Sekarang kita cangkul agar tumbuhan polong dan daunnya jatuh ke tanah, mereka membusuk, menghasilkan kelembaban dan menjadi pupuk. Jadi pertama, ia menghasilkan kelembaban; kedua, ia memupuk tanah; ketiga, ia membuat tanah gembur, tidak padat.

PEMBAWA ACARA: Seperti apa kualitas panen sistem tanam kering?

SupremeMasterTV: Bagaimana kualitas daun kentang ini?

Yến (P): Kualitasnya bagus.

SupremeMasterTV: Bagaimana kualitasnya?

Bạc (L):Kita menggunakan polong-polongan ini untuk membuat kue, nasi lengket, makanan pencuci mulut, segala macam makanan.

SupremeMasterTV: Bagaimana kualitasnya?

Hảo: Kualitasnya sangat baik!

PEMBAWA ACARA: Karena berbagai keuntungan dari gaya tanam ini, tidak heran bahwa tanam kering sudah menjadi semakin terkenal di Âu Lạc (Vietnam).

SupremeMasterTV: Di daerah ini, apakah banyak orang yang melakukan hal ini?

Khánh (L): Ya, banyak orang.

SupremeMasterTV: Apakah sistem tanam ini membuat orang merasa lebih terdorong? Apakah hidup mereka jadi lebih baik?

Khánh (L): Ya, mereka merasa baik dan bahagia.

PEMBAWA ACARA: Dengan memakai kebijaksanaan mereka, para petani Au Lac (Vietnam) dari Provinsi B́nh Thuận telah berhasil menanam berbagi jenis sayuran dengan sedikit atau tanpa air. Kami mengucapkan terima kasih kepada mereka atas berbagi pengalaman bercocok tanam bersama kami. Semoga para petani di seluruh dunia yang ada di tempat yang langka air juga bisa memanfaatkan teknik tanam kering yang serupa.

 

 
Download Buku - Gratis
Download Gratis Buku Pemanasan Global  
Download Gratis Buku Perubahan Iklim  

www.SupremeMasterTV.com/ina